Kamis, 24 November 2011

ini cerita linuxku!!!, apa ceritamu???


Dulu sewaktu masih memakau “Windows”, aku selalu galau saat mencari master app buat laptop, mau download nggak tau mau download dimana, pas ketemu eh malah disuruh bayar, pas dapet eh dapet yg trial, pas dapet cracknya eh malah trojan #pusingggg... tapi semenjak aku mencoba linux, instalasi cukup via terminal dan ketik “sudo apt-get install (nama appsnya)” dengan modal koneksi internet udah bisa didownload dan diinstal otomatis tampa bayar... ini cerita linuxku apa ceritamu...

Dulu sewaktu masih memakai "Windows", aku selalu galau kalau mau install program, takutnya itu program malware atau ada injeksi virusnya... sekarang udah nggak lagi semenjak aku berpaling ke open source, nggak takut sama malware... ini cerita linuxku apa ceritamu...

Dulu sewaktu masih memakai “Windows”, aku selalu galau saat startup dan booting yg begitu sangat berat dan lama, malah sampai memakan 69% dari 2GB penggunaan RAM laptop aku saat bekerja full... tapi semenjak aku beralih ke open souce, startup dan booting terasa sangat cepat dan penggunaan RAM malah bisa kurangdari 30% saat bekerja full... ini cerita linuxku apa ceritamu...

Dulu sewaktu masih memakau “Windows”, batrei laptop aku cuma bisa dipake selama 2jam (itupun dalam power save mode), sekarang nggak lagi semenjak aku pakai OS Linux <<back|tarck5 dengan gambar naganya, Ada banyak opsi untuk menghemat penggunaan sumber daya. Opsi pengaturan mulai dari undervolt tegangan prosesor dan VGA, konfigurasi kecepatan kipas laptop, pengaturan spin hard disk ketika idle, mematikan berbagai port yang sedang tidak digunakan, dan pilihan untuk menggunakan tampilan desktop yang hemat listrik, jadi laptopku irit batrei dan ibuku nggak marah2lagi sama tagihan listrik buat laptop aku... ini cerita linuxku apa ceritamu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar